Doa Setelah Sholat Istikharah Latin Arab dan Artinya Lengkap

Doa setelah sholat istikharah sering dibaca ketika dihadapkan pada berbagai macam pilihan yang sulit. Ketika memilih pasangan hidup misal nya, terkadang seseorang bisa merasa bingung apakah ia harus menikah dengan si A atau si B. Atau contoh lain nya adalah ketika memilih pekerjaan, terkadang kita sering merasa bingung, apakah harus bekerja di bidang A, atau di bidang B. Apakah harus tetap bekerja untuk orang lain, atau membuka usaha sendiri.
Dalam kondisi – kondisi seperti di atas, biasa nya meski pun telah menentukan pilihan, hati terkadang masih merasa belum mantap dengan pilihan yang telah dibuat. Nah, di saat – saat seperti ini lah kita dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunnah istikharah. Tujuan nya agar hati kita bisa terasa mantap dan yakin selepas menentukan pilihan yang dirasa sulit.
Doa Setelah Sholat Istikharah Latin
Doa Setelah Sholat Istikharah Latin
Waktu mengerjakan sholat istikharah cenderung tidak dipatoki seperti hal nya sholat sunnah duha atau pun sholat sunnah tahajud. Kapan pun kita merasa perlu melakukan nya, kita diperbolehkan untuk mengerjakan nya selama waktu tersebut di luar waktu – waktu yang diharamkan untuk mengerjakan sholat.

Doa Setelah Sholat Istikharah

Doa sholat istikharah merupakan elemen terpenting dalam ibadah sholat ini. Sholat sunnah baru disebut sebagai sholat istikharah jika selepas sholat tersebut orang yang mengerjakan nya langsung membaca doa istikharah. Bahkan, dalam praktek nya, sholat sunnah apa pun bisa berubah menjadi sholat istikharah jika selepas mengerjakan sholat tersebut, kita langsung membaca doa istikharah. Doa setelah sholat istikharah tersebut adalah sebagai berikut:
ALLAAHUMMA INNII ASTAJHIRUKA BI'IMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS'ALUKA MINGFADHLIKAL AZHIIMI, FAINNAKATAQDIRU WALAA AQDIRU, WATA'LAMU WALAA A'LAMU, WAN ANGTA AL LAAMULGHUYUUBI ALLAAHUMMA INGKUNGTA TALAMU ANNAHAADZALAMRA *( SEBUTKAN PERKARA MASING-MASING )* KHAIRULLII FIIDIINII WAMA'AASYII WA'AAQIBATI AMRII, FAQDIRHULII WAYASSIRHU LIITSUMMA BAARIKLII FIIHI, WA'INGKUNGTA TA LAMU ANNA HAADAZAL AMRA SYARRULLI FII FIDIINII WA MA'AASYII WA'AAQIBATI AMRII, FASHRIFHU'ANNII WASHRIFNII ANHU WAQDIR LIYAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA RADHDHINII BIHI
Artinya : "Ya Allah SWT, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau memilih yang baik untukku dengan ilmu Engkau, aku memohon kepada Engkau untuk menentukannya dengan kekuasaan Engkau, dan aku memohon kepada Engkau anugerah Engkau yang agung, karena sesungguhnya Engkau mampu memberi ketentuan sedangkan aku tidak, Engkau dapat mengetahuinya, sedangkan aku tidak, dan Engkaulah yang maha mengetahui hal-hal yang ghaib, wahai allah jika Engkau tahu bahwa perkara ini *(SEBUTKAN PERKARA MASING-MASING)* baik bagiku, didalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, maka tetapkanlah perkara itu untukku dan mudahkanlah itu bagiku kemudian berilah aku keberkahan didalamnya, dan jika Engkau tau bahwa perkara ini jelek bagiku, didalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, maka jauhkanlah pekara itu dariku dan jauhkanlah aku darinya dan tetapkanlah untukku kebaikan dimanapun adanya, kemudian jadikanlah aku rela kepadanya"
Dalam praktek nya, apa pun perkara yang sedang kita alami, dan apa pun pilihan yang kita tetapkan, maka doa istikharah yang dianjurkan untuk kita baca tetap sama, yaitu salah satu dari dua bacaan doa di atas. Jadi baik itu doa sholat istikharah jodoh, doa sholat istikharah untuk pekerjaan, mau pun doa sholat istikharah untuk tujuan – tujuan yang lain nya, semua nya tetap lah sama.
Baca Juga :
Tata Cara Shalat Istikharah Meminta Petunjuk atau Jodoh
Tata Cara Sholat Tasbih Yang Benar dan Lengkap

Waktu yang Tepat untuk Membaca Doa Sholat Istikharah Jodoh

Waktu terbaik untuk membaca doa sholat istikharah jodoh adalah ketika kita baru selesai mengerjakan sholat sunnah dua rakaat. Jadi, begitu kita mengucap salam, maka kita dianjurkan untuk langsung membaca doa istikharah.
Jadi doa setelah sholat istikharah baru dibaca setelah sholat sunnah dua rakaat selesai kita kerjakan, dan bukan / tidak dibaca saat kita sedang mengerjakan sholat atau pun di dalam sholat.

Arti Mimpi Setelah Shalat Istikharah

Dalam beberapa kasus banyak orang yang mendapatkan mimpi berupa petunjuk terkait permasalahan yang tengah dialami selepas mereka mengerjakan sholat istikharah.
Dalam kasus seperti ini, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk tidak serta merta mengikuti petunjuk yang ada dalam mimpi tersebut begitu saja. Hal ini dikarenakan mimpi dapat berupa tiga hal, yaitu petunjuk dari Allah SWT, petunjuk dari setan, dan dari bisikan hati.

Sholat Istikharah Bukan Untuk Meminta Petunjuk

Sampai saat ini masih banyak miskonsepsi yang terjadi di kalangan umat Muslim yang mana beberapa kalangan umat Muslim banyak beranggapan bahwa sholat istikharah adalah sholat untuk meminta petunjuk. Jadi, sholat istikharah mohon petunjuk itu sebenarnya tidak ada. Sholat istikharah dilakukan hanya untuk memantapkan hati selepas membuat pilihan yang dirasa cukup sulit. Maka dari itu, jangan harap setelah Anda mengerjakan sholat istikharah, Anda akan langsung mendapatkan tanda istikharah terjawab atau pun pertanda jodoh setelah istikharah.
Demikian artikel mengenai Doa Setelah Sholat Istikharah Latin Arab dan Artinya Lengkap jika dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan ke teman-teman lainnya. Salam dan terimakasih!

Komentar

Artikel Lainnya

Tata Cara Sholat Tasbih Yang Benar dan Lengkap

Tata Cara Shalat Istikharah Meminta Petunjuk atau Jodoh

Tata Cara Sholat Hajat Yang Benar dan Lengkap