7 Manfaat Sholat Tasbih Setiap Hari

Shalat tasbih mungkin tidak sepopuler beberapa sholat sunnah yang lain, seperti shalat duha atau pun sholat tahajud. Namun begitu, sholat ini merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Konon, karena banyak nya berkah dan manfaat sholat tasbih, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat muslim untuk melaksanakan sholat ini secara rutin setiap hari atau minimal satu kali seumur hidup.
Meski pun sangat dianjurkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW, sampai saat ini masih banyak umat muslim yang tidak mengetahui bagaimana tata cara sholat tasbih dan kapan shalat tasbih dilakukan.
Manfaat Sholat Tasbih Setiap Hari
Manfaat Sholat Tasbih Setiap Hari
Padahal, pada dasar nya shalat tasbih tidak jauh berbeda dengan sholat – sholat yang lain nya. Satu – satu nya yang membuat perintah sholat ini menjadi berbeda adalah bacaan kalimat tasbih yang dilafazkan sebanyak 300 kali dalam 4 rakaat shalat. Untuk pengerjaan nya, waktu shalat tasbih bisa kapan saja di luar waktu – waktu yang memang tidak diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah sholat, seperti sehabis shalat ashar dan sehabis shalat shubuh.

Manfaat Sholat Tasbih Setiap Hari

Menurut penuturan orang – orang yang sudah memiliki pengalaman shalat tasbih, shalat ini disebut – sebut dapat memberikan banyak manfaat untuk orang yang mengerjakan nya. Hal ini senada dengan penjelasan Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dalam beberapa hadits. Berikut adalah manfaat sholat tasbih setiap hari :

1. Memberikan Ketenangan Batin

Salah satu manfaat utama yang paling banyak dirasakan oleh orang – orang yang sudah pernah melaksanakan sholat tasbih adalah dapat memberikan ketenangan batin.
Ketika kita melaksanakan sholat dengan niat yang sungguh – sungguh dan khusyuk, normal nya kita akan mendapatkan energi positif yang dapat membuat batin menjadi tenang dan tidak mudah goyah. Terlebih, dalam sholat tasbih kita juga dianjurkan untuk melafazkan bacaan tasbih sebanyak 300 kali.
Kalimat tasbih sendiri merupakan kalimat yang paling dipilih oleh Allah SWT terhadap seluruh hamba dan makhluk ciptaan – Nya.

2. Membantu Menghapuskan Dosa

Manfaat shalat tasbih yang ke dua adalah membantu menghapuskan dosa yang dilakukan di masa lampau.
Manusia merupakan makhluk yang penuh dosa. Seiring bertambah nya usia, dosa manusia akan terus bertambah dan terus menumpuk. Nah, semua dosa tersebut dapat diringankan atau pun dihapus dengan cara memperbanyak mengucap kalimat tasbih.
Hal ini seperti apa yang diutarakan oleh Nabi Muhammad SAW bahwasan nya bacaan tasbih dapat membantu menghapuskan dosa / kesalahan manusia meski pun jumlah dosa / kesalahan yang dimiliki nya sebanyak tumpukan buih yang ada di lautan.

3. Terhindar Dari Rasa Sedih dan Berbagai Macam Penyakit Mematikan

Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu As – Sunni dan Ahmad, disebutkan bahwa orang yang rajin membaca kalimat tasbih akan terhindar dari rasa sedih dan berbagai macam penyakit mematikan seperti penyakit kusta, penyakit lumpuh dan pendarahan otak.
Nah, karena dalam sholat tasbih kita dianjurkan untuk melafazkan bacaan tasbih sebanyak 300 kali, maka secara otomatis orang yang mengerjakan shalat tasbih akan bisa terhindar dari rasa sedih dan berbagai macam penyakit mematikan.

4. Sebagai Tabungan Berupa Perkebunan Kurma di Surga

Manfaat shalat tasbih setiap hari yang selanjutnya adalah sebagai tabungan amal untuk bisa memiliki perkebunan kurma di Surga.
Sama seperti halnya saat menjalani kehidupan di alam dunia, di alam akhirat nanti manusia juga akan terkelompokkan berdasarkan dengan bekal yang dimiliki nya. Semakin banyak jumlah bekal yang dimiliki oleh seorang umat, maka semakin baik pula kualitas kehidupan nya di alam akhirat kelak.
Nah, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At – Tirmidzi, disebutkan bahwa khusus untuk orang – orang yang suka mengucapkan kalimat tasbih, maka akan ditanamkan untuk nya pohon kurma sesuai dengan jumlah kalimat tasbih yang diucapkan nya.
Maka, jika dalam sholat tasbih kita mengucapkan kalimat tasbih sebanyak 300 kali, maka kita akan memiliki tabungan berupa pohon kurma sebanyak 300 pohon.

5. Memberatkan Timbangan Amal

Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap hal yang dilakukan manusia di muka bumi ini akan selalu dicatat dan dikelompokkan ke dalam kelompok amal kebaikan atau kelompok amal keburukan.
Nah, karena shalat tasbih merupakan amal perbuatan yang baik, maka secara otomatis sholat ini akan menambah atau pun membuat timbangan amal kebaikan kita menjadi semakin banyak.
Terlebih, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan bahwa meski pun kalimat tasbih adalah kalimat yang sangat ringan untuk diucapkan, namun kalimat tasbih adalah kalimat yang sangat disukai oleh ar-Rahman (Allah SWT), dan kalimat ini dapat membantu memberatkan timbangan amal.

6. Senjata untuk Menghadapi Permasalahan yang Besar

Sampai saat ini banyak umat Islam yang meyakini misteri shalat tasbih yang dapat dijadikan sebagai senjata dan jalan keluar untuk menghadapi permasalahan yang besar.
Hal ini senada dengan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, yang menyebutkan bahwa saat tengah dihadapkan pada permasalahan yang genting, Nabi Muhammad SAW selalu membaca kalimat tasbih sembari menengadahkan wajahnya ke langit.
Tidak hanya itu, saat Nabi Muhammad tengah bersungguh – sungguh dalam beroda, Beliau juga turut melafazkan kalimat tasbih dan kalimat “Ya hayyu ya qoyyum”.
Dalam praktek nya, kita sebagai umat Muslim dapat melaksanakan shalat tasbih untuk memohon pertolongan Allah sehingga permasalahan yang tengah kita hadapi bisa terselesaikan dengan segera.

7. Senjata untuk Menghadapi Permasalahan Krisis Pangan

Manfaat shalat tasbih setiap hari yang selanjutnya adalah sebagai senjata untuk mencegah dan menghadapi persoalan krisis makanan.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, disebutkan bahwa di akhir zaman kelak ketika Dajjal telah muncul ke hadapan umat Muslim, umat Muslim akan mengalami bencana kekeringan dan kekurangan bahan pangan. Di masa itu, makanan untuk orang – orang yang beriman akan sama dengan makanan para malaikat Allah, yaitu kalimat tasbih dan kalimat taqdis.
Dalam riwayat tersebut, dijelaskan pula bahwa siapa pun yang pada waktu tersebut selalu mengucapkan kalimat tasbih, maka Allah akan meringankan beban lapar dari diri nya.

Keistimewaan Shalat Tasbih

Selain memiliki banyak manfaat, shalat tasbih yang diikuti dengan doa sholat tasbih juga memiliki keistimewaan tersendiri di hadapan Allah SWT.
Hal ini dikarenakan kalimat tasbih adalah kalimat yang paling dipilih oleh Allah SWT terhadap (untuk diucapkan) oleh malaikat dan seluruh hamba – hamba Nya, termasuk salah satu nya adalah Manusia.
Karena keistimewaan yang dimiliki nya, beberapa orang Ulama berpendapat bahwa sholat tasbih sebaik nya dilakukan beriringan dengan sholat hajat (dilakukan sebelum mengerjakan sholat hajat).
Dengan begitu, harapan nya selepas mengerjakan sholat tasbih, dosa akan langsung terampuni dan segala hajat yang dipermohonkan dalam sholat hajat pun bisa dikabulkan oleh Allah SWT.
Demikian artikel mengenai manfaat sholat tasbih setiap hari, semoga kita dapat mengamalkannya setiap hari agar dapat mendapatkan manfaat dan keistimewaan dari sholat tasbih. Aamiin. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada kaum muslimin lainnya agar mereka mendapatkan manfaat dari sholat tasbih.

Komentar

Artikel Lainnya

Tata Cara Sholat Tasbih Yang Benar dan Lengkap

Tata Cara Shalat Istikharah Meminta Petunjuk atau Jodoh

Tata Cara Sholat Hajat Yang Benar dan Lengkap