Tata Cara Shalat Istikharah Meminta Petunjuk atau Jodoh

Shalat istikharah merupakan shalat sunnah yang ditujukan untuk memantapkan hati ketika tengah dihadapkan pada beberapa alternatif pilihan. Dengan mempelajari tata cara sholat istikharah, diharapkan hati bisa menjadi lebih mantap dalam meminta petunjuk atau jodoh yang dirasa meragukan. Waktu shalat istikharah bisa kapan saja di luar waktu - waktu yang memang diharamkan untuk mengerjakan sholat (seperti selepas sholat subuh dan selepas sholat ashar). Dengan kata lain, kapan pun kita ingin mengerjakan sholat istikharah, kita boleh melakukan nya.
Tata Cara Sholat Istikharah
Tata Cara Sholat Istikharah
Sebagai seorang Muslim, kita sudah sepatutnya menyerahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan hidup kita kepada Allah SWT semata. Baik ketika kita merasa yakin, mau pun ketika kita merasa ragu, semua nya harus kita serahkan pada Allah SWT. Hal ini dikarenakan segala sesuatu dalam kehidupan kita semua nya sangat bergantung pada kehendak Allah SWT. Hal ini seperti apa yang tertuang dalam Al - Qur’an Surah Al - Qashash ayat 68 - 70 yang isi nya :
WARABBUKA YAKHLUQU MAA YASYAAU WAYAKHTAARU MAA KAANA LAHUMU ALKHIYARATU SUBHAANA ALLAAHI WATA'AALAA ‘AMMAA YUSYRIKUUNA. (68) WARABBUKA YA'LAMU MAA TUKINNU SHUDUURUHUM WAMAA YU'LINUUNA. (69) WAHUWA ALLAAHU LAA ILAAHA ILLAA HUWA LAHU ALHAMDU FII AL-UULAA WAAL-AAKHIRATI WALAHU ALHUKMU WA-ILAYHI TURJA'UUNA (70)
Artinya : "Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia). (68) Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka dan apa yang mereka nyatakan. (69) Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagi-Nya-lah segala puji di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nya-lah segala penentuan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (70)"
Dalam kehidupan, tak jarang kita menemui berbagai macam permasalahan yang jawaban nya berupa alternatif – alternatif pilihan. Dalam memilih pekerjaan dan jodoh misal nya, tak jarang kita dihadapkan dengan pilihan harus bekerja di bidang A atau di bidang B, harus menikah dengan si A atau dengan si B. Nah, di waktu – waktu seperti ini lah sholat istikharah mohon petunjuk dan sholat istikharah jodoh bisa kita lakukan.

Tata Cara Shalat Istikharah Meminta Petunjuk atau Jodoh

Secara umum, tata cara sholat istikharah pada dasar nya sama persis dengan tata cara sholat lain nya. Satu – satu nya perbedaan yang membuat sholat istikharah menjadi berbeda dengan sholat lain nya adalah niat dan doa istikharah yang dibaca selepas mengerjakan sholat ini. Dalam praktek nya, sholat istikharah dikerjakan setelah mengerjakan sholat sunnah dua rakaat lain nya seperti sholat tahiyatul masjid, sholat tahajud, sholat dhuha, sholat tahajud, dll.
Bahkan, jika mau kita juga bisa menyatukan nya dengan sholat sunnah dua rakaat yang lain nya. Dalam hal ini, apabila kita mengerjakan sholat sunnah dua rakaat, entah itu shalat sunnah rawatib atau pun sholat sunnah lain nya, dan setelah itu kita langsung membaca doa istikharah, maka sholat tersebut akan menjadi sholat istikharah. Hal ini diriwayatkan dalam sebuah hadits yang isinya:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa mengajari para sahabatnya shalat istikhoroh dalam setiap urusan. Beliau mengajari shalat ini sebagaimana beliau mengajari surat dari Al Qur'an. Kemudian beliau bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka'at selain shalat fardhu"
Jika diperinci secara runtut, maka tata cara petunjuk istikharah yang benar adalah sebagai berikut:

1. Niat Sholat Istikharah Menentukan Pilihan

Sholat istikharah ditujukan untuk memantapkan hati selepas membuat keputusan atau pun menentukan pilihan. Sholat ini bukan ditujukan untuk meminta diberi pilihan oleh Allah secara langsung. Dalam urusan ini, mayoritas ulama sepakat bahwa sholat istikharah bukan lah sholat untuk meminta petunjuk, melainkan hanya untuk memantapkan hati selepas membuat sebuah pilihan yang dirasa cukup sulit.
Hal ini perlu dipahami oleh beberapa kalangan umat muslim yang beranggapan bahwa setelah mengerjakan sholat istikhoroh langsung dapat petunjuk.

2. Tata Cara Sholat Istikharah

Setelah hati merasa cukup mantap dengan pilihan yang telah dibuat, selanjutnya lakukan lah sholat sunnah dua rakaat.
Dalam praktek nya, seperti yang telah kami sebutkan di atas, sholat sunnah dua rakaat yang dimaksud dalam hal ini boleh berupa sholat sunnah seperti biasanya, entah itu sholat sunnah rawatib, sholat sunnah tahiyatul masjid, atau sholat sunnah khusus yang diniatkan untuk beristikharah. Berikut niat sholat istikharah :
USHALLI SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA
Artinya : "Aku niat shalat sunah istikharah dua rakaat karena Allah Ta'ala."

3. Doa Sholat Istikharah

Setelah sholat istikharah selesai dikerjakan, selanjutnya kita dianjurkan untuk membaca doa istikharah. Lafaz doa nya adalah sebagai berikut:
ALLAAHUMMA INNII ASTAJHIRUKA BI'IMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS'ALUKA MINGFADHLIKAL AZHIIMI, FAINNAKATAQDIRU WALAA AQDIRU, WATA'LAMU WALAA A'LAMU, WAN ANGTA AL LAAMULGHUYUUBI ALLAAHUMMA INGKUNGTA TALAMU ANNAHAADZALAMRA *( SEBUTKAN PERKARA MASING-MASING )* KHAIRULLII FIIDIINII WAMA'AASYII WA'AAQIBATI AMRII, FAQDIRHULII WAYASSIRHU LIITSUMMA BAARIKLII FIIHI, WA'INGKUNGTA TA LAMU ANNA HAADAZAL AMRA SYARRULLI FII FIDIINII WA MA'AASYII WA'AAQIBATI AMRII, FASHRIFHU'ANNII WASHRIFNII ANHU WAQDIR LIYAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA RADHDHINII BIHI
Artinya : "Ya Allah SWT, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau memilih yang baik untukku dengan ilmu Engkau, aku memohon kepada Engkau untuk menentukannya dengan kekuasaan Engkau, dan aku memohon kepada Engkau anugerah Engkau yang agung, karena sesungguhnya Engkau mampu memberi ketentuan sedangkan aku tidak, Engkau dapat mengetahuinya, sedangkan aku tidak, dan Engkaulah yang maha mengetahui hal-hal yang ghaib, wahai allah jika Engkau tahu bahwa perkara ini *(SEBUTKAN PERKARA MASING-MASING)* baik bagiku, didalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, maka tetapkanlah perkara itu untukku dan mudahkanlah itu bagiku kemudian berilah aku keberkahan didalamnya, dan jika Engkau tau bahwa perkara ini jelek bagiku, didalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, maka jauhkanlah pekara itu dariku dan jauhkanlah aku darinya dan tetapkanlah untukku kebaikan dimanapun adanya, kemudian jadikanlah aku rela kepadanya"

Penting untuk diingat, doa istikharah adalah bagian utama dari sholat istikharah. Sebuah amalan sholat sunnah baru dianggap sebagai sholat istikharah jika selepas sholat orang yang mengerjakannya langsung membaca doa istikharah. Jika doa istikharah tidak dibaca, maka sholat sunnah tersebut akan menjadi sholat sunnah biasa atau pun sholat sunnah lain nya (sesuai dengan niat yang telah dilafazkan).
Baca Juga :
Tata Cara Sholat Tasbih Yang Benar Dan Lengkap
7 Manfaat Sholat Tasbih Setiap Hari

4. Jalani Pilihan yang Telah Dipilih dengan Hati yang Mantap

Terakhir, setelah sholat istikharah selesai dilaksanakan, kita tinggal menjalani pilihan yang telah kita buat sebelumnya dengan sepenuh hati. Dalam hal ini kita harus menyerahkan hasil usaha yang kita lakukan kepada Allah SWT semata.
Jika nanti nya Allah meridhoi pilihan kita tersebut, maka Allah pasti akan memudahkan jalannya. Sebaliknya, jika pilihan tersebut bukan pilihan yang baik dan Allah tidak meridhoi nya, maka Allah pasti akan memalingkan kita dari hal tersebut dan mengganti nya dengan sesuatu yang lebih baik.

Makna Sholat Istikharah

1. Merupakan Ibadah Sunnah

Sholat istikharah merupakan ibadah sunnah dan bukan ibadah wajib. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa ketika kita (umat Muslim) tengah bertekad untuk mengerjakan suatu aktivitas, maka kita dianjurkan untuk mengerjakan sholat dua rakaat di luar sholat fardhu.

2. Hanya Dilakukan untuk Perkara yang Mubah, Bukan Sunnah Atau Wajib

Sholat istikharah hanya dilakukan ketika kita dihadapkan dengan perkara - perkara yang mudah atau pun diperbolehkan dan bukan untuk perkara - perkara yang memang sunnah apalagi wajib.
Contoh nya, kita tidak diperbolehkan melakukan sholat istikharah selepas membuat keputusan akan menikah atau pun akan pergi ibadah haji. Sholat istikharah untuk dua perkara tersebut tidak dibenarkan karena menikah adalah sebuah sunnah (bisa juga menjadi wajib), dan haji adalah sebuah kewajiban.
Namun begitu, kita dapat melakukan sholat istikharah selepas menentukan pilihan akan menikah dengan si A atau pun akan mengerjakan haji pada usia sekian tahun. Dalam hal ini kita diperbolehkan mengerjakan sholat istikharah karena ke dua hal tersebut adalah perkara yang mubah / diperbolehkan.

3. Boleh Dilakukan Berulang Kali

Jika kita masih belum merasa yakin dengan pilihan yang telah kita buat, maka kita diperbolehkan untuk melakukan sholat istikharah hingga berulang - ulang kali. Hal ini seperti apa yang tertuang dalam hadits yang diriwayatkan dalam shahih Muslim, Ibnu Az Zubair mengatakan :
Artinya : "Aku melakukan istikhoroh pada Rabbku sebanyak tiga kali, kemudian aku pun bertekad menjalankan urusanku tersebut."

4. Do'a Istikarah Dibaca Selepas Sholat Dua Rakaat

Doa sholat istikharah tidak dibaca ketika kita sedang mengerjakan sholat. Doa ini baru dibaca setelah kita selesai mengerjakan sholat sunnah dua rakaat. Hal ini seperti apa yang diterangkan Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits, yang isinya :
Artinya : "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa mengajari para sahabatnya shalat istikhoroh dalam setiap urusan. Beliau mengajari shalat ini sebagaimana beliau mengajari surat dari Al Qur'an. Kemudian beliau bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka'at selain shalat fardhu, lalu hendaklah ia berdo'a: "Allahumma inni astakhiruka bi 'ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta'lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii 'aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta'lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii (fii 'aajili amri wa aajilih) fash-rifnii 'anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih"

5. Dilakukan Setelah Merasa Mantap dengan Pilihan yang Dibuat

Sholat istikharah baru dilakukan ketika kita telah merasa mantap dengan pilihan yang kita buat. Sholat ini tidak dilakukan ketika kita masih berada dalam kondisi ragu - ragu dalam menentukan pilihan. 

6. Bukan Sholat Untuk Mencari Jawaban

Sholat istikharah bukan lah sholat untuk mencari jawaban.Beberapa orang memang ada yang mendapatmimpi setelah shalat istikharah, namun begitu, mimpi tersebut tidak serta merta boleh diikuti dan dipercayai begitu saja.Hal ini dikarenakan mimpi yang muncul dalam tidur kita tidak selamanya berasal dari Allah SWT, melainkan juga bisa berasal dari Setan dan juga dari lubuk hati kita sendiri.
Demikian artikel mengenai Tata Cara Shalat Istikharah Meminta Petunjuk atau Jodoh semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua agar bisa lebih yakin dan mantap dalam memilih suatu urusan dan menghilangkan suatu keraguan dalam urusan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa artikel ini bermanfaat. Salam dan Terimakasih!

Artikel Lainnya

7 Manfaat Sholat Tasbih Setiap Hari

Tata Cara Sholat Hajat Yang Benar dan Lengkap

Tata Cara Sholat Tasbih Yang Benar dan Lengkap