Doa Setelah Sholat Tasbih Latin Arab dan Artinya

Sholat tasbih merupakan ibadah sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Muslim untuk mempelajari tata cara sholat tasbih setiap hari. Jika hal tersebut dirasa berat, maka bisa dikerjakan satu minggu sekali. Jika masih terasa berat, bisa dikerjakan satu tahun sekali atau paling tidak satu kali seumur hidup.
Sholat tasbih pada dasar nya tidak jauh berbeda dengan sholat – sholat yang lain nya. Hanya ada dua hal yang membuat sholat ini menjadi spesial, yaitu bacaan tasbih yang dibaca sebanyak 300 kali dalam 4 rakaat sholat, dan bacaan doa selepas solat tasbih yang menjadi pelengkap.
Doa Sholat Tasbih
Doa Sholat Tasbih
Waktu sholat tasbih tidak ditentukan secara spesifik. Dalam hal ini, kita diperbolehkan mengerjakan nya kapan pun kita mau di luar waktu – waktu yang memang tidak diperbolehkan untuk mengerjakan ibadah sholat, seperti waktu selepas ibadah sholat ashar dan waktu selepas ibadah sholat subuh. Jika sholat tasbih dilakukan pada siang hari, maka kita dianjurkan untuk melakukan nya dalam satu kali salam sebanyak empat rakaat. Sedangkan jika sholat tasbih dilakukan pada malam hari, maka kita dianjurkan untuk mengerjakan nya dalam dua kali salam, yaitu masing – masing dua rakaat untuk tiap salam nya.

Doa Setelah Sholat Tasbih

Untuk bisa mendapatkan manfaat sholat tasbih secara utuh, selepas mengerjakan sholat tasbih, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat tasbih. Lafadz bacaan doa tasbih nya adalah sebagai berikut :
Doa Setelah Sholat Tasbih
Doa Setelah Sholat Tasbih
ALLAHUMMA INNI AS'ALUKA TAUFIQA AHLIL HUDA, WA A'MALA AHLIL YAQIN, WA MUNASHAHATA AHLIT TAUBAH, WA 'AZMA AHLIS SHABRI, WA WAJALA AHLIL KHASYYAH, WA THALABA AHLIR RAGHBAH, WA TA'ABBUDA AHLIL WARA'I, WA 'IRFANA AHLIL 'ILMI HATTA AKHAFAK. ALLAHUMMA INNI AS'ALUKA MAKHAFATAN TAHJIZUNI 'AN MA'ASHIKA HATTA A'MALA BI THA'ATIKA 'AMALAN ASTAHIQQU BIHI RIDHAKA WA HATTA UNASHIHAKA BIT TAUBAH, KHAUFAN MINKA HATTA AKHLUSHA LAKAN NASHIHATA HAYA'AN MINKA WA HATTA ATAWAKKALA 'ALAIKA FIL 'UMÛRI KULLIHA WA HATTA AKUNA 'UHSINUZ ZHANNA BIKA, SUBHANA KHALIQIN NUR. WASHALATU WASSAU 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA'ALAA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'AANA WALHAMDU LILLAHI RABBIL 'ALAMIINA.
Artinya : "Ya Allah aku meminta pada-Mu pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang Engkau berikan kepada orang-orang yang mendapatkan petunjuk, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, nasihat-nasihat orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (padaMu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (padaMu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara subhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga akupun dapat takut kepada Mu. Ya Allah sesungguhnya aku meminta padaMu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan padaMu, sehingga dengan taat padaMu akupun bisa melakukan amal, yang dengannya bisa kuraih ridhoMu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut kepada Engkau, dan kumurnikan padaMu nasehat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan padaMu karena wujudnya prasangka baik kepadaMu. Maha Suci Allah Sang Pencipta Cahaya".

Keutamaan Sholat Tasbih

Sholat tasbih memiliki banyak keutamaan. Berikut merupakan beberapa keutamaan sholat tasbih yang bisa dirasakan oleh orang yang mengerjakan nya:

1. Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Dalam sholat tasbih kita dianjurkan untuk melafazkan kalimat tasbih sebanyak 300 kali. Kalimat tasbih sendiri merupakan kalimat yang paling dipilih oleh Allah SWT atas semua hamba – hamba nya. Dengan banyak membaca kalimat tasbih, kita berharap semoga Allah SWT mengampuni dosa – dosa kita yang telah lalu.
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa salah satu keutamaan terbesar yang bisa didapatkan dari sholat tasbih adalah ampunan dari Allah SWT. Dalam hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW menyebutkan meski pun dosa yang kita miliki jumlah nya seperti buih yang ada di lautan, Allah SWT akan tetap mengampuni nya.

2. Memberikan Ketenangan Batin

Sholat tasbih dapat memberikan ketenangan batin pada orang yang mengerjakan nya. Ketika kita mengerjakan sholat tasbih dengan ikhlas karena Allah ta’ala, maka kita akan menyerahkan segala hal yang ada dalam hidup kita hanya pada Allah semata.Dengan begitu, hati kita akan menjadi tenang dan kita juga akan mendapatkan energi positif yang menguatkan.

3. Menambah dan Memberatkan Timbangan Amal kebaikan

Sholat tasbih merupakan perintah sunnah yang mana siapa – siapa yang mengerjakan nya akan mendapatkan ganjaran berupa pahala dan siapa – siapa yang meninggalkan nya tidak akan mendapatkan ganjaran apa – apa. Nah, karena sholat tasbih merupakan perintah sunnah, maka amalan ini dapat menambah dan memberatkan timbangan amal kebaikan orang yang mengerjakan nya.

4. Sebagai Sumber Tabungan Amal untuk Mendapatkan Perkebunan Kurma di Akhirat

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Allah akan mengganjar umat nya yang mengucapkan satu kalimat tasbih secara ikhlas dengan satu batang pohon kurma. Dalam sholat tasbih sendiri, kita dianjurkan untuk melafazkan kalimat tasbih sebanyak 300 kali. Arti nya ketika kita mengerjakan sholat tasbih, maka kita sudah memiliki tabungan berupa pohon kurma sebanyak 300 batang.
Demikian artikel Doa Setelah Sholat Tasbih Latin Arab dan Artinya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa artikel ini bermanfaat. Salam dan Terimakasih!

Komentar

Artikel Lainnya

Tata Cara Sholat Tasbih Yang Benar dan Lengkap

Tata Cara Shalat Istikharah Meminta Petunjuk atau Jodoh

Doa Setelah Sholat Istikharah Latin Arab dan Artinya Lengkap